Minggu, 29 Oktober 2017

Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017

ikan

Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Halo Rekan-rekan semua ketemu lagi dengan kami di guruwalikelas.net, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit merangkum/membahas tentang Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017 sebagai berikut.

Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Pada dasarnya pembelajaran mencakup kerangka konseptual dan operasional tentang strategi pembelajaran, sistem kredit semester, penilaian hasil belajar, dan layanan bimbingan dan konseling. Strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya seluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Oleh karena itu kurikulum memuat apa yang seharusnya diajarkan kepada peserta didik, sedangkan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik. 

Konsep-konsep inilah yang dikemas dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang wajib dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada Silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan seperangkat rencana yang menjadi pedoman guru dalam melaksanakan tahapan pembelajaran. Namun kenyataan banyak guru beranggapan bahwa menyusun RPP tidak penting. Bagi mereka, yang terpenting adalah masuk di kelas dan siswa mendapat pelajaran. Pemikiran demikian ini perlu menjadi perhatian para Kepala Sekolah dan Pengawas
Sekolah. 

Kompetensi Dasar
Setelah menyelesaikan bahan pembelajaran ini Saudara diharapkan mampu:
  • Memberikan pemahaman kepada guru tentang hakikat dan prinsip penyusunan
  • RPP.
  • Memberikan pemahaman kepada guru tentang komponen-komponen dan
  • sistematika RPP
  • Membimbing guru menyusun RPP yang memnuhi standar.
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Saudara dapat memahami hakikat dan prinsip penyusunan RPP serta pentingnya menyusun
  • RPP.
Kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan. Disinilah pentingnya perencanaan wajib dilaksanakan oleh guru.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru tidak menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Faktor penyebab guru tidak menyusun RPP antara lain tidak memahami dengan benar apa sesungguhnya hakikat RPP, bagaimana prinsip-prinsip penyusunan RPP serta apa pentingnya RPP disusun. 
  • Memahami komponen-komponen dan sistematika RPP.
  • Mampu menyusun RPP
  • Mampu membimbing guru dalam menyusun RPP.
Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah
sebagai berikut:

  • A) RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  • B) RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  • C) Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  • D) Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
  • E) Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  • F) Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  • G) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  • H) RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
  • I) Keterkaitan dan keterpaduan.
  • J) RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  • K) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  • L) RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Demikian untuk keterangan kami tentang Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017 ini, kami minta maaf sebesar-besarnya jika informasi yang kami rangkum ini kurang lengkap atau ada salah ucap dari artikel ini, semoga apa yang kami posting ini bisa sangat membantu/mempermudah anda untuk melaksanakan kegiatan/kinerjanya.

Selengkapnya anda bisa langsung Download file tersebut berupa link yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :
Demikianlah yang dapat kami informasikan dari postingan hari ini mengenai Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017. Terimakasih semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu guru.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon